5 Tips Berbelanja Aman di Internet

Kita sudah memasuki era yang hampir semuanya sudah serba teknologi. Salah satunya adalah gaya hidup manusia yang tidak terlepas dari berbelanja. Belanja adalah kebutuhan manusia sehari-hari. Dulu, kita harus pergi ke pasar atau mall untuk membeli barang yang kita inginkan. Tetapi, zaman now sudah berbeda. Kita tinggal duduk santai di rumah dan menunggu barang yang kita beli sampai ke depan pintu rumah kita. Berkat adanya toko online, kita tidak harus capek-capek keluar rumah lagi sekaligus menghemat waktu.

Ranah e-commerce di Indonesia memang mengalami peningkatan yang signifikan. Pada tahun 2016, nilai transaksi e-commerce mencapai 4,89 miliar dolar AS atau sekitar 67,2 triliun rupiah. Angka ini dibarengi dengan jumlah online shopper yang mencapai 8,7 juta orang. Salah satu faktor yang mendukung nilai transaksi e-commerce tersebut adalah jumlah pengguna internet yang berjumlah 93,4 juta orang pada tahun 2015. Nilai tersebut diprediksi akan mencapai angka 144,1 triliun rupiah pada tahun 2018.

Pesatnya perkembangan transaksi digital di Indonesia memang harus diakui. Perilaku masyarakat Indonesia sekarang yang gemar berbelanja online menjadi faktor pendukung terbesar. Masyarakat lebih memilih toko online di marketplace dan media sosial ketimbang pergi ke toko fisik. Itulah perilaku masyarakat yang tidak bisa dihindari lagi. Mengingat zaman sekarang sudah berbeda. Semuanya sudah serba digital dan itulah yang membuat hidup manusia menjadi lebih gampang.

Akan tetapi, yang namanya internet tetaplah internet atau biasa disebut sebagai dunia maya. Sama seperti di dunia nyata, dunia maya juga penuh dengan ketidakamanan. Kita harus waspada ketika berbelanja di internet. Hal-hal buruk seperti kebocoran informasi rahasia dan penipuan juga bisa terjadi. Maka dari itu, pada artikel ini, saya akan membagikan beberapa tips untuk berbelanja aman di internet. Baiklah, simak tips-tips di bawah ini.

Pilih Toko Online yang Kredibel

Hal terpenting yang harus dilakukan adalah memilih toko online atau marketplace yang terpercaya. Arti dari "terpercaya" disini adalah toko online tersebut sudah memiliki popularitas yang tinggi dan digunakan oleh banyak orang. Kredibilitas sebuah toko online sangat penting guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti penipuan.

Alangkah baiknya jika memilih marketplace yang memiliki rekening bersama dimana pihak marketplace tersebut menjadi perantara dalam sebuah transaksi. Misalnya, ketika membeli sebuah barang, pembeli tidak langsung membayar ke penjual melainkan ke pihak marketplace dulu. Setelah pembeli menerima barang, barulah penjual mendapatkan bayarannya. Model transaksi seperti itu memiliki keamanan yang mumpuni. Asalkan marketplace tersebut kredibel.

Untuk olshop-olshop yang ada di media sosial, karena tidak adanya perantara (kecuali mereka juga membuka toko di marketplace), penipuan rentan terjadi. Oleh karena itu, kalian harus bertanya kepada orang-orang yang pernah membeli barang di olshop tersebut. Apakah olshop tersebut kredibel atau tidak?

Baca Kebijakan Toko Online

Jika kalian biasanya malas membaca syarat & ketentuan sebuah toko online, sangat diharapkan untuk membuang kebiasaan tersebut. Pastikan kebijakan toko online tidak memberikan data pribadi kalian ke pihak lain tanpa sepengetahuan kalian. Baca juga prosedur pembayaran, pengembalian dana, garansi, kurir pengiriman, ongkos kirim, dan hal-hal penting lainnya. FAQ (Frequently Asked Questions) juga penting untuk dipahami.

Jika kalian berbelanja online di marketplace yang terdapat banyak toko, jangan hanya membaca kebijakan situs marketplace saja tetapi juga kebijakan toko yang ada di dalamnya.   

Cerdas dalam Memilih Produk

Jangan tergiur dengan barang yang sangat murah. Jangan langsung tertarik dengan barang yang di-diskon besar-besaran. Bisa saja itu bukan barang yang original alias palsu. Periksa harga barang tersebut di toko online yang lain. Bandingkan harganya, apakah berbeda jauh? Kalau bisa, periksa 3-4 toko online atau marketplace untuk membeli barang yang diinginkan.

Untuk mengetahui sebuah barang itu asli atau palsu, kalian bisa menanyakannya kepada penjual, mengecek merk atau logo barang (apakah terkenal atau tidak?), membaca ulasan orang lain, bertanya kepada teman, dan juga bisa mengecek barang-barang lain yang dijual toko online tersebut (apakah yang dijual ada beberapa merk barang?). 

Jika penjual menjawab bahwa barang tersebut asli dan pada kenyataannya palsu, kalian bisa menuntutnya dengan menyertakan bukti transaksi. Untuk ulasan produk, kalian juga harus cerdas dalam membedakan mana ulasan yang asli dan palsu. Biasanya kalau yang palsu, kalimat-kalimatnya sangat familiar atau berbau copy-paste.

Simpan Bukti Transaksi

Setelah membeli suatu barang di toko online, simpanlah bukti transaksinya dengan aman. Bukti transaksi digunakan untuk keperluan garansi, keperluan pengembalian dana, keperluan pengembalian barang, dan lain-lain.

Jaga Privasi

Tentu privasi adalah hal yang penting bagi kalian. Kalian pastinya tidak mau informasi pribadi kalian jatuh ke pihak yang tidak berwenang. Oleh karena itu, jangan memasukkan informasi pribadi yang tidak diperlukan di profil kalian. Cukup memasukkan informasi tersebut untuk keperluan transaksi. 


Nah, itulah 5 tips yang bisa diterapkan saat kalian ingin berbelanja di toko online. Jadilah Konsumen Cerdas di Era Digital. Cerdas dalam memilih produk dan jangan tertipu dengan harga terjangkau sebuah barang. 

0 Comments