Ayo Hidup Sehat dengan 8 Cara Sederhana Ini


Kesehatan adalah aspek terpenting dalam diri seseorang. Kapanpun dan dimanapun kita berada, kesehatan tetap harus dijaga dan menjadi prioritas daripada hal-hal yang lain. Meskipun banyak pekerjaan yang harus kita selesaikan, tidak boleh sekalipun kita mengorbankan kesehatan kita. Jangan menyakiti diri kita sendiri.

Pastinya bergaya hidup sehat adalah hal yang diinginkan oleh semua orang. Seperti yang kita ketahui, memiliki hidup yang sehat, kita dapat memiliki umur hidup yang lebih panjang. Selain itu, hidup sehat juga dapat memperlancar aktivitas sehari-hari kita.

Nah, bagaimana untuk selalu memiliki kualitas hidup yang sehat? Apa saja yang harus sering kita lakukan untuk bergaya hidup sehat? Pada tulisan saya kali ini, saya akan membagikan beberapa tips mengenai cara bergaya hidup yang sehat. Tips-tips yang saya jabarkan sangatlah sederhana, dapat dipahami oleh semua orang, dan mudah diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Baiklah, mari simak tips-tips tersebut berikut ini.

Makan tepat waktu

Sesibuk apapun kita, sangat penting bagi kita untuk selalu makan tepat waktu. Jangan sampai kita lupa makan gara-gara sibuk dengan pekerjaan. Justru dengan makan tepat waktu, kita dapat menambah energi untuk terus menjalankan aktivitas kita dengan lancar. Usahakan untuk makan 3x sehari secara teratur kecuali sedang menjalankan ibadah puasa.

Minum air yang banyak

Perlu diketahui bahwa lebih dari 60% total berat medan merupakan air. Oleh karena itu, jangan sampai tubuh kita mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi. Kekurangan cairan berdampak buruk pada tubuh kita seperti terganggunya fungsi ginjal dan penyakit kulit.

Dilansir dari Health Line, kita perlu minum air sekitar 2 liter per hari atau setara dengan setengah galon. Jadi, jangan lupa untuk selalu minum air ketika melakukan aktivitas sepanjang hari. Terlebih lagi jika cuacanya sangat panas.

Berjalan kaki

Bagi kalian yang tidak selalu punya waktu luang untuk berolahraga, jalan kaki juga bisa jadi alternatif. Jalan kaki berkontribusi dalam menyehatkan tubuh dan merangsang tubuh kita untuk terus bergerak. Bahkan, jalan kaki juga bisa dikategorikan sebagai olahraga.

Jika kalian ingin pergi ke suatu tempat yang dekat, manfaatkan kesempatan tersebut untuk berolahraga dengan berjalan kaki. Usahakan untuk tidak menggunakan kendaraan jika cuaca memungkinkan.

Pandai me-manajemen waktu

Kemungkinan besar kita pernah merasakan yang namanya stres dengan pekerjaan kita. Stres tentunya berpengaruh pada kesehatan kita. Menurut saya, salah satu penyebab stres adalah kurangnya kemampuan kita untuk me-manajemen waktu dengan baik. Kita belum pandai menjadwalkan aktivitas kita dengan teratur.

Melakukan lebih dari satu pekerjaan pada waktu yang sama alias multitasking juga bisa membuat kita mudah capek dan bahkan stres. Seharusnya kita selesaikan satu pekerjaan terlebih dahulu baru lanjut ke pekerjaan yang lain. Fokus dalam mengerjakan sesuatu sangatlah penting.

Jangan begadang

Pastinya tidak asing lagi mendengar istilah begadang. Bagi kalian yang suka begadang, alangkah baiknya untuk membuang jauh-jauh kebiasaan tersebut. Begadang bisa membuat kita badan kita capek atau lemas saat bangun pagi dimana lama-kelamaan bisa membuat kita jatuh sakit. Selain itu, begadang juga bisa membuat kita insomnia atau susah tidur.

Tidur yang cukup

Durasi tidur yang normal adalah sekitar 7-9 jam. Jika tidur kita tidak cukup, misalnya karena begadang, hal tersebut dapat menganggu aktivitas kita pada keesokan harinya. Misalnya, kurang bersemangat menjalani hari. Jadi, pastikan kita memiliki tidur yang cukup supaya tubuh kita fit saat bangun tidur.

Banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan

Sering mengonsumsi sayuran dan buah-buahan dapat mencegah kita terkena penyakit seperti penyakit jantung, kolesterol, dan gangguan pencernaan. Kebutuhan nutrisi tubuh kita menjadi terpenuhi dengan kandungan vitamin dan mineral yang banyak.

Kurangi makan banyak gorengan

Suka makan gorengan? Tidak apa-apa kalau suka tapi jangan keseringan. Alangkah baiknya jangan terlalu sering mengonsumsi makanan yang berminyak. Sering makan gorengan dapat meningkatkan berat badan, menyumbat pembuluh darah, dan tentunya membuat kita rentan terkena penyakit.



Itulah 8 cara bergaya hidup sehat yang sederhana yang sangat disarankan untuk diimplementasikan. Mungkin kalian sudah mengetahui beberapa tips di atas. Saya hanya memberikan penekanan atau pengingat supaya kalian jangan berhenti melakukannya. Percaya atau tidak, untuk memiliki gaya hidup yang sehat, bisa dimulai dari hal-hal yang kecil. Dengan melakukan hal-hal yang sederhana, kita bisa memberikan manfaat yang besar bagi diri sendiri maupun orang lain.

Dengan makan tepat waktu, minum air yang banyak, berjalan kaki, pandai mengatur waktu, tidak begadang, tidur yang cukup, banyak makan sayuran dan buah-buahan, dan jangan terlalu sering makan goreng dapat mendorong Gaya Hidup Sehat.

Semoga tulisan saya ini dapat memberikan manfaat bagi semua orang dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Mari Sembuhkan Indonesia dengan bergaya hidup sehat.

0 Comments