4 Kelebihan Website yang Membuat Bisnis Online Lebih Terkenal


Kelebihan Website yang Membuat Bisnis Online Lebih Terkenal
Bisnis online sudah berkembang pesat di Indonesia. Berdasarkan Sensus Ekonomi 2016 yang dilakukan oleh BPS, jumlah usaha e-commerce sudah mencapai angka 26,2 juta unit. Selain itu, dilansir dari Tech In Asia ID, pada tahun 2017, jumlah bisnis online di Indonesia meningkat sekitar 4,5 juta. Nilai penjualan bisnis online juga meningkat 40% setiap tahun (Ernest & Young).

Angka tersebut memang tidak main-main karena selaras dengan jumlah pengguna internet di Indonesia saat ini yang sudah menyentuh angka 56% dari total populasi (We Are Social & Hootsuite). Persentase tersebut naik 13% dibandingkan dengan tahun 2018.

Melihat banyaknya bisnis online di Indonesia, otomatis persaingan antar bisnis pun semakin ketat. Supaya sebuah bisnis online bisa tetap bertahan, inovasi dan pemasaran online yang tepat, tentu diperlukan.

Salah satu sarana pemasaran online yang kini banyak dipakai oleh bisnis online adalah media sosial, seperti Instagram & Facebook. Alasannya karena mudah dipakai. Namun, sebenarnya media sosial saja tidak cukup, pemilik suatu bisnis juga harus menyadari keberadaan sarana pemasaran online yang lain, salah satunya adalah website.

Website layak dijadikan sebagai investasi oleh bisnis online karena memiliki banyak kelebihan yang bisa membuat bisnis online tersebut menjadi lebih terkenal.

Nah, apa saja kelebihan-kelebihan website untuk bisnis online? Sudah penasaran kan? Yuk, langsung saja simak di bawah ini.

Biaya Promosi Jadi Lebih Murah

Mempromosikan sebuah bisnis tentu membutuhkan biaya dan tenaga. Jika dulu orang mempromosikan bisnisnya dengan turun ke jalan dan bagi-bagi brosur, zaman sekarang sudah berbeda.

Dengan adanya pemasaran online seperti website, kamu sudah bisa menghemat banyak sekali biaya sekaligus SDM. Kamu tidak perlu lagi menghabiskan uang untuk mencetak brosur dan capek-capek pergi ke suatu lokasi untuk bagi-bagi brosur.

Website Bisa Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan
Pemasaran online melalui website sudah tidak mengenal batas. Jika bisnis kamu berada di Banten, kamu bisa menarik calon pelanggan dari Makassar, dengan biaya yang seminimal mungkin. Menariknya, keuntungan yang didapatkan akan lebih banyak daripada biasanya dimana target calon pelanggan bisnis kamu hanya dari 1 daerah.

Terima kasih kepada perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini.

Pelanggan Dapat Mengetahui Informasi Bisnis Kamu dengan Lengkap

Website adalah aset yang bisa dijadikan sebagai gudangnya informasi suatu bisnis online. Semua informasi yang berhubungan dengan bisnis kamu, bisa dimasukkan ke dalam website.

Ada banyak informasi bisnis yang bisa dimasukkan seperti profil bisnis, produk/jasa yang dijual, testimoni pelanggan, artikel-artikel seputar bisnis untuk mengedukasi pelanggan, form berlangganan artikel ke email, dan masih banyak lagi.

Informasi yang ada di website juga bisa selalu di-update, misalnya ketika ada produk baru, promo, atau pengumuman lainnya. Jadi, ketika pelanggan mengunjungi website bisnis kamu, mereka bisa mengetahui informasi terbaru dari bisnis kamu.

Apa artinya dari semua ini? Inilah salah satu kelebihan sebuah website yaitu pelanggan/calon pelanggan kamu dapat mengetahui informasi bisnis online kamu dengan lengkap. Hal ini akan menghemat waktu mereka ketika berkunjung ke website kamu.

Orang Mudah Mengetahui Informasi Suatu Bisnis Online dengan Lengkap
Pelanggan tidak perlu bertanya-tanya lagi kepada kamu tentang bisnis atau produk-produk kamu. Misalnya, apakah barangnya masih ready? Sisa stok tinggal berapa? Ada warna apa saja? Alamatnya di mana? Email-nya apa? Jika semua informasi seperti itu sudah ada di website, bukan hanya pelanggan saja yang bisa menghemat waktu, tetapi juga kamu sebagai pemilik bisnis.

Pelanggan bisa memutuskan dengan cepat produk mana yang akan dibeli. Pengalaman (experience) ini bisa membuat pelanggan merasa mudah dan nyaman dalam mencari tahu bisnis dan produk kamu. Tidak menutup kemungkinan, pelanggan pun akan merekomendasikan website bisnis kamu kepada orang lain.

Namun, ini bukan berarti kamu tidak perlu membangun komunikasi dengan pelanggan. Di website, kamu bisa memasang fitur live chat untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Selain itu, kamu juga bisa memasang form berlangganan email, sehingga ketika ada produk baru, kamu bisa dengan mudah menginformasikan kepada pelanggan kamu.

Bisnis Online Kamu Mudah Dicari di Internet

Misalnya, kamu memiliki bisnis online jual-beli sepatu olahraga, sebut saja namanya “Sepatu Olahraga Store”. Jika kamu sudah memiliki website bisnis tersebut, ketika orang mencari nama bisnis tersebut di mesin pencari seperti Google, website bisnis kamu akan muncul di sana. Secara otomatis, bisnis kamu pun akan lebih mudah diketahui oleh orang lain.

Selain mencari nama “Sepatu Olahraga Store”, ketika orang mencari “sepatu olahraga” atau “sepatu olahraga murah” atau “sepatu olahraga terbaik” di Google, apakah kamu ingin website bisnis kamu muncul di Google? Pastinya sangat mau kan?

Itulah kelebihan besar dari sebuah website. Website berpotensi mendatangkan banyak keuntungan untuk bisnis kamu.

Bisnis Online Lebih Mudah Diketahui Melalui Mesin Pencari di Internet
Ketahui juga, dalam 1 detik, Google memproses sekitar 40.000 pencarian sehingga dalam 1 hari, ada sekitar 3,5 miliar pencarian yang diproses oleh Google (internetlivestats.com). Coba bayangkan betapa cepatnya arus informasi saat ini.

Jadi, tidak ada lagi alasan bagi bisnis kamu untuk tidak memiliki website.

Kredibilitas Bisnis Meningkat

Sebuah bisnis tentu memiliki kompetitor dan website adalah cara termudah untuk menjadi pembeda di antara kompetitor-kompetitor bisnis kamu. Bisnis online yang memiliki website cenderung lebih dipercaya dan dipilih oleh calon pelanggan.

Nah, untuk meningkatkan kredibilitas bisnis online kamu, pemilihan domain website harus diperhatikan. Domain adalah alamat website bisnis kamu. Contohnya, google.com, bukalapak.com, dan traveloka.com. Domain digunakan oleh pelanggan untuk masuk ke website bisnis kamu.

Nah, sangat disarankan, kamu Beli Domain yang berakhiran .com, .net, .id, dan sejenisnya. Dengan kata lain, jangan memakai domain yang memiliki akhiran tambahan seperti .blogspot.com atau .wordpress.com karena bisa membuat bisnis online kamu terkesan tidak profesional.


Itulah 4 kelebihan dahysat dari sebuah website untuk bisnis online. Nah, apakah kamu sudah tertarik untuk memiliki website untuk bisnis online kamu?

Langkah awal yang perlu kamu lakukan untuk memiliki website adalah membeli domain dan hosting. Hosting adalah tempat untuk menyimpan berkas atau aset website kamu. Bisa diibaratkan, website itu adalah sebuah rumah, sedangkan hosting adalah tanah atau lahannya, dan domain adalah alamatnya.

Penyedia Hosting Indonesia Qwords

Untuk membeli domain dan hosting, kamu bisa membelinya di penyedia Hosting Indonesia yang memberikan kamu berbagai pilihan domain dan paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan bisnis online kamu.

Untuk pembuatan website, kamu tidak perlu bingung lagi hanya karena tidak memiliki kemampuan di bidang tersebut. Sekarang, sudah ada penyedia jasa pembuatan website yang bisa kamu pesan. Salah satu penyedia jasa website yang terpercaya adalah RumahDev. Untuk memesannya, kamu bisa langsung mengunjungi website-nya di rumahdev.id.

Jadi, untuk zaman sekarang, tidak ada ruginya bagi kamu untuk menyisihkan anggaran untuk pembuatan website bisnis online kamu. Investasi di website tidaklah sia-sia karena keuntungan yang akan kamu dapatkan bisa berkali-kali lipat daripada sebelumnya.

0 Comments