Membuat Website Portofolio Dengan Domainesia Dalam Membangun Personal Branding

Di zaman sekarang yang modern ini, terdapat banyak persaingan-persaingan yang harus kita hadapi baik dalam lingkup pendidikan, pekerjaan, maupun kompetisi-kompetisi lainnya. Oleh karena itu, diperlukan suatu cara yang dapat meningkatkan kualitas diri atau image anda yaitu dengan membangun Personal Branding.

Personal Branding adalah cara yang dilakukan seseorang untuk memasarkan diri dan karir mereka sebagai suatu brand atau merek. Inilah yang dapat membuat anda dikenal banyak orang. Akan tetapi, bagaimanakah membangun Personal Branding tersebut ?

Salah satu cara jitu dan mudah dalam membangun Personal Branding adalah dengan membuat sebuah website portofolio. Website Portofolio adalah website yang digunakan untuk menampilkan riwayat hidup anda, kemampuan/skill anda, projek-projek yang telah dikerjakan, kata-kata motivasi favorit anda, dan apapun yang dapat membuat orang lain terkesan terhadap anda. Dengan adanya website portofolio, siapapun bisa mengakses dan mengetahui profil dan skill anda terutama para pendiri perusahaan yang sedang mencari karyawan dengan keahilian tertentu.


Mungkin yang tersirat dalam pikiran anda adalah “Saya bukan anak IT”, “Saya tidak bisa coding”, “Saya tidak bisa membuat website sendiri”, “Saya harus membayar orang untuk dibuatkan sebuah website”. Tenang, jangan khawatir, hal yang pertama harus anda lakukan adalah menghapus pemikiran-pemikiran tersebut. Walaupun anda sama sekali tidak mempunyai kemampuan dalam membuat website, sekarang sudah tersedia berbagai macam tools atau layanan yang dapat membantu anda membuat website dengan mudah tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak.

Salah satu layanan yang saya rekomendasikan adalah Domainesia. Domainesia adalah sebuah situs pembelian domain dan hosting dengan paket-paket yang murah dan sesuai dengan kebutuhan anda. Terdapat satu fitur dari Domainesia yang menawarkan cara membuat website dengan mudah, yaitu Instant Deploy. Dengan Instant Deploy, hanya ada 3 tahap yang perlu anda lakukan.

1. Memilih kategori website


Terdapat 5 kategori website yang bisa anda pilih yaitu blog, toko online, developer, forum, dan lainnya. Untuk website portofolio, kategori yang saya sarankan adalah blog karena CMS (Content Management System) yang disediakan memiliki banyak theme atau tampilan website berbasis portofolio. Bagi anda yang belum mengetahui apa itu CMS, CMS adalah aplikasi web yang dapat memudahkan anda untuk mengelola konten sebuah website tanpa harus memiliki pengetahuan tentang IT.

Pada kategori blog, terdapat 4 CMS yaitu Wordpress, Joomla, Drupal, dan Ghost. Pilihlah CMS yang anda inginkan dengan memesannya. CMS yang saya sarankan adalah Wordpress karena CMS ini sudah digunakan banyak orang dan mudah digunakan untuk para pemula. Panduan penggunaan masing-masing CMS dapat dilihat dari situs resminya di bawah ini.


Wordpress: https://codex.wordpress.org

Joomla: https://docs.joomla.org
Drupal: https://www.drupal.org/documentation
Ghost: https://help.ghost.org/hc/en-us

2. Memilih domain dan paket hosting


Di bagian hosting, anda harus menentukan paket hosting (bisa dilihat disini), lokasi server, siklus pembayaran hosting, dan addons berupa pengaman website. Di bagian domain, anda harus mengisi nama domain dan ekstensi domain yang anda inginkan. Kemudian buatlah akun untuk instalasi CMS yang anda pilih dengan memasukkan username dan password. Setelah itu, lakukan pembayaran terhadap domain dan hosting anda.

3. Masuk ke tempat pengelolaan website

Setelah anda melunasi pembayaran domain dan hosting, maka anda sudah bisa masuk ke tempat pengelolaan website atau portal administrator dari masing-masing CMS dengan memasukkan username dan password dari akun CMS yang sudah anda buat. Format URL portal administrator masing-masing CMS adalah sebagai berikut.

Wordpress: namadomain.com/admin

Drupal: namadomain.com/?q=user
Joomla: namadomain.com/administrator
Ghost: namadomain.com/ghost 

Setelah itu, anda sudah bisa mencari theme portofolio gratis untuk website anda. Sesuaikanlah dengan selera anda. Website portofolio biasanya hanya memiliki 1 halaman dengan bagian-bagian tertentu seperti profil, pendidikan, pekerjaan, dll. Ada juga yang memiliki lebih dari 1 halaman dimana setiap bagian informasi tentang diri anda merupakan satu halaman.

Nah, itulah langkah-langkah yang paling mudah untuk membuat sebuah website, hanya dengan menggunakan fitur Instant Deploy dari Domainesia. Saya sangat merekomendasi situs layanan Domainesia baik dari segi kualitas server maupun paket hosting yang murah dengan keuntungan yang mumpuni. Contohnya, paket termurah, Lite, seharga 8000/bulan sudah disediakan bandwidth, database, dan email yang unlimited serta SSL yang gratis.


Akhir dari tulisan saya, saya ingin menekankan kembali bahwa memiliki website portofolio sangatlah penting. Di situlah anda dapat menampilkan riwayat hidup dan memamerkan hasil karya anda. Dengan begitu, anda dapat dikenali banyak orang dan otomatis derajat diri anda (brand) juga meningkat.


Sekian dari tulisan saya dan semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan orang lain untuk kedepannya. Terima Kasih.

1 Comments