Karma

Kali ini saya akan membahas sesuatu yang mungkin ga asing lagi bagi kalian. Apa sih itu? Nah, pada tulisan ini, saya ingin sedikit berbagi kepada kalian tentang karma.

Sebelumnya, ga apa-apa sih kalau kalau ga mau mempercayai adanya karma. Karena saya rasa itu memang hak kalian masing-masing. Tulisan ini hanya penjelasan singkat dan sederhana tentang karma.

By the way, tulisan ini jangan terlalu dihubung-hubungkan ke acara Reality Show Karma yang ditayangkan di salah satu stasiun televisi Indonesia. Karena tulisan ini tidak membicarakan tentang konten-konten yang berbau makhluk gaib seperti yang ada di acara televisi tersebut.   

Petani sebagai Perumpaman Hukum Karma

Karma adalah hukum alam yang selalu bekerja di sela-sela kehidupan kita. Inilah dia, hukum sebab-akibat atau hukum tanam-tuai. Semua yang terjadi pada diri kita ada penyebabnya. Semua yang kita lakukan akan melahirkan hasil dan hasil itu bisa baik dan buruk.

Mengapa petani bisa memanen beras? Karena petani sudah menanam padi. Itulah perumpaman sederhana dari karma. Apa yang kita tanam, itulah juga yang akan kita tuai. Jika kita melakukan perbuatan baik, kita akan mendapat berkah. Jika kita melakukan perbuatan buruk, kita akan mendapat bencana.

Akan tetapi, saya melihat bahwa karma itu sering dihubung-hubungkan ke hal yang negatif. Itulah persepsi yang sering saya temukan di sekitar saya. Ketika seseorang mendapat musibah/kesusahan, baik itu besar atau kecil, saya sering mendengar "itu karma". Tetapi, ketika seseorang mendapat berkah, jarang saya mendengar "itu karma". Itulah kesalahpahaman tentang karma. Karma itu ada yang baik dan buruk, tergantung perbuatan seseorang.

Jadi, jelas disini bahwa karma itu tidak hanya bersifat buruk. Jika kita ingin mendapat banyak rezeki, lakukanlah banyak kebaikan seperti bersedekah, membantu, dan berbagi dengan orang lain. Hasil yang sebaliknya jika kita melakukan perbuatan yang salah. 

Mungkin itu saja deh penjelasan singkat dan sederhana saya tentang karma. Mengingat saya juga manusia dan tidak bisa menjangkau lebih dalam tentang cara kerja hukum karma tersebut.

Semoga tulisan saya ini bermanfaat dan bisa memberi sedikit pencerahan kepada kalian.

0 Comments