3 Alasan Mengapa Bisnis Zaman Sekarang Harus Punya Website


Beberapa minggu yang lalu, saya mendapatkan kesempatan untuk mengajar di sebuah pelatihan (workshop) di BBPLK (Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja) Medan. Sebagian pesertanya adalah pelaku UMKM dan sebagian lagi mahasiswa. Salah satu materi yang saya bawa adalah tentang pembuatan website. Jadi, di workshop tersebut, para peserta diajari untuk membuat website yang sederhana untuk mempromosikan bisnis atau brand mereka.

Karena banyak dari pemilik UMKM ini adalah ibu-ibu, saya pun harus mengajari mereka pelan-pelan dari awal, mulai dari apa itu website, kenapa harus punya website, sampai langkah-langkah membuat website yang sederhana. Tujuannya supaya mereka lebih familiar dengan website dan peka dengan kebutuhan bisnis akan website ini.

Nah, pada tulisan saya kali ini, saya akan membagikan 3 alasan mengapa bisnis zaman sekarang sudah harus punya website. Apa sih pentingnya website itu untuk bisnis? Yuk, kita simak satu per satu.

Lebih dari 50% populasi dunia sudah menggunakan internet

Tidak bisa dipungkiri, seiring dengan perkembangan zaman, internet sudah dianggap sebagai kebutuhan sehari-hari. Coba perhatikan aktivitas sehari-hari dan sekeliling kita. Setiap kita membutuhkan informasi, smartphone dan laptop sudah menjadi andalan kita. Ingin mencari info tentang wisata Danau Toba? Tinggal googling aja. Ingin beli masker spirulina yang berkualitas? Tinggal googling aja. Semuanya sudah dalam satu genggaman

Berdasarkan data dari We Are Social 2019, sudah ada lebih dari 50% total populasi dunia yang menggunakan internet, tepatnya 4,3 miliar pengguna dari 7,6 miliar orang di dunia. Begitu juga dengan Indonesia, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 56% dari total populasi Indonesia. Itu hanya data jumlah pengguna internet. Ingin tahu fakta lain yang lebih mengejutkan?


Dalam 1 detik, Google memproses sekitar 40.000 pencarian. Satu detik ya. Jadi, dalam 1 hari, ada sekitar 3,5 miliar pencarian yang diproses. Silahkan dikalikan saja untuk 1 minggu, 1 bulan, 1 tahun, dan seterusnya. Coba bayangkan! Dahsyatnya arus informasi di internet saat ini. Butuh ini, buka Google. Butuh itu, buka Google. Oh iya, saya bukan bias ke Google ya tapi karena memang masyarakat Indonesia lebih banyak menggunakan Google ketimbang mesin pencari lain seperti Bing atau Yahoo.

Nah, setelah melihat data di atas, apa menurut kamu website itu masih belum penting untuk mempromosikan bisnis kamu? Saat ini, melalui internet, orang bisa mencari apa saja, termasuk mencari produk-produk yang dijual oleh bisnis kamu.

Mudah berbagi informasi bisnis

Website bisa dianggap sebagai gudangnya informasi suatu bisnis. Kita bisa memasukkan semua informasi bisnis kita yang diperlukan oleh pelanggan ke dalam website. Nah, apa saja informasi yang bisa kita masukkan? Ada banyak sekali. Berikut adalah contoh-contohnya.
  1. Profil bisnis. Kita bisa memasukkan sejarah berdirinya bisnis, mengapa bisnis ini didirikan, tujuan bisnis, pendiri bisnis, hingga alamat dan kontak bisnis.
  2. Produk-produk yang dijual. Ini yang paling penting. Kita perlu memasukkan semua produk yang dijual ke dalam website. Masing-masing produk sebaiknya disertai dengan gambar, deskripsi, jumlah stok, harga, testimoni pelanggan lain, hingga cara membelinya.
  3. Artikel seputar bisnis. Untuk membuat website kita bisa muncul di mesin pencari seperti Google, kita perlu membuat konten berupa artikel-artikel yang berhubungan dengan bisnis kita. Misalnya, jika kita menjual sepatu, kita bisa membuat artikel seperti tips merawat sepatu, sepatu-sepatu terbaik untuk mendaki gunung, cara menghilangkan bau sepatu, dan lain-lain. Jadi, selain pelanggan bisa melihat-lihat produk kita, mereka juga bisa mendapatkan informasi yang bermanfaat.

Itulah contoh-contoh informasi yang bisa kita masukkan ke website. Bukan hanya 3, masih banyak lagi yang bisa kita masukkan. Sebut saja, form untuk mengumpulkan data pelanggan atau testimoni. Testimoni pelanggan juga penting karena itu juga yang menjadi pertimbangan orang lain untuk membeli produk kita. Jadi, usahakan untuk menampilkan testimoni di setiap halaman produk.

Dengan memiliki website, kita dan pelanggan bisa menghemat lebih banyak waktu. Pelanggan tidak perlu repot-repot lagi bertanya kepada kita tentang bisnis atau produk kita sehingga mereka bisa memutuskan dengan cepat, apakah ingin membeli produk ini atau tidak. Begitu juga dengan kita, bisa meminimalisir waktu untuk pertanyaan pelanggan seputar produk. Tapi, perlu diingat, ini bukan berarti kita tidak perlu membangun komunikasi dengan pelanggan.

Meningkatkan kredibilitas bisnis

Apa kamu sudah tahu apa itu brand-awareness? Brand-awareness adalah kemampuan orang untuk menyadari keberadaan suatu bisnis, termasuk mengenal dan mengingat identitas-identitas bisnis seperti logo, produk, slogan, dan aktivitas tertentu.

Misalnya, jika kita membuka sebuah toko buku di suatu tempat, kita bisa mulai mempromosikannya ke keluarga dan teman terdekat agar keberadaannya diketahui. Kemudian, kita bisa meminta keluarga dan teman untuk mempromosikannya lagi ke orang lain. Selain itu, kita juga bisa membagi-bagikan brosur di tempat-tempat ramai. Tapi, cara tersebut tidak efisien karena memakan waktu dan tenaga yang banyak.

Nah, bagaimana toko buku kita bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dengan cepat? Caranya adalah dengan mempromosikannya secara online di internet. Kita membangun brand-awareness di internet sehingga orang dari mana saja, jauh maupun dekat, bisa tahu keberadaan toko buku ini. Media sosial mungkin senjata promosi online yang paling dekat dan mudah untuk digunakan. Tapi, website juga bisa menjadi senjata andalan untuk membuat bisnis kita lebih kredibel atau dipercayai oleh orang.




Itu dia 3 alasan mengapa bisnis saat ini sudah harus punya website. Mungkin beberapa orang mengira kalau website itu hanya bisa dibuat oleh orang-orang IT. Tapi, itu dulu. Sekarang, semua orang sudah bisa membuat website. Salah satu layanan pembuatan website yang biasa digunakan adalah Blogger dan Wordpress. Biayanya gratis! Dengan menggunakan layanan tersebut, kita tidak perlu lagi berurusan dengan yang namanya coding. Kita cukup memilih desain website yang cocok, memasukkan informasi bisnis, dan memasukkan elemen-elemen website yang diinginkan.

Itulah yang saya ajarkan kepada para peserta workshop di BBPLK dimana saat itu saya mengajari mereka menggunakan Wordpress, berhubung mereka adalah pelaku UMKM dan membutuhkan halaman website yang bisa menampilkan produk-produk dengan rapi, bukan halaman blog.

Tapi, terkadang dalam memulai suatu bisnis, SDM yang tersedia masih sedikit dan terdapat hal-hal yang lebih penting untuk dipersiapkan selain membuat website. Untuk masalah ini, jangan khawatir, hal itu bisa diselesaikan dengan memesan jasa pembuatan website berkualitas yang bisa kita cari di internet. Salah satunya adalah Grapiku, sebuah agensi pengembang website yang bisa membantu pemasaran atau branding bisnis kamu. Dengan menyerahkan urusan pembuatan website kepada Grapiku, kamu sudah bisa fokus untuk mengurus hal-hal penting lain yang ada di bisnis kamu. Nah, untuk memesan jasanya, langsung saja klik link ini ya.

0 Comments