Ini Dia 4 Cara Saya Merencanakan Keuangan Pribadi dengan Aplikasi Finansialku


Sebelum tahun 2018, saya sama sekali tidak mencatat pengeluaran maupun pemasukan dari keuangan saya. Setiap transaksi hanya dimasukkan ke dalam otak dan setelah beberapa saat, transaksi itu pun dilupakan. Yang diingat hanyalah transaksi yang besar seperti pembelian barang elektronik.

Akibatnya, saya pun sering bertanya-tanya, "kenapa uang saya cepat habis ya?". Saat itu, saya memang belum memiliki pekerjaan, hanya kuliah dan sesekali menerima projek-projek kecil, sehingga menganggap perencanaan keuangan itu tidak terlalu penting.

Setelah mendapatkan pekerjaan, barulah saya menyadari bahwa merencanakan keuangan pribadi sangatlah penting. Pertama sekali, saya berencana untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran saya di aplikasi Excel. Namun, saya merasa hal itu sangat merepotkan dan memakan waktu yang lama jika dilakukan dengan menggunakan smartphone.

Meskipun ada aplikasi Excel untuk smartphone, mencatat transaksi setiap hari tidaklah mudah bagi saya, belum lagi harus mengatur kolom-baris dan formula dari data semua transaksi.

Akan tetapi, pernyataan di atas bukan berarti Excel adalah aplikasi pencatatan keuangan yang tidak bagus. Excel adalah software yang sangat cocok jika digunakan untuk mengatur keuangan yang kompleks, yang memerlukan banyak variabel, tidak hanya sekedar jumlah pengeluaran dan pemasukan. Contohnya, di perusahaan.

Nah, untuk mencatat keuangan pribadi yang memerlukan sedikit variabel, saya merasa Excel bukanlah aplikasi yang cocok. Bayangkan jika setiap melakukan transaksi, saya harus membuka Excel dan berurusan dengan kolom, baris, dan formula di smartphone saya! Apakah itu tidak memakan waktu yang banyak?


Bermula dari situ, saya pun mulai mencari aplikasi pencatatan keuangan yang dibuat untuk smartphone. Secara tidak sengaja, saya menemukan aplikasi Finansialku yang ternyata buatan anak bangsa. Sebenarnya, saya sudah lupa dan tidak tahu persis dari mana saya menemukan aplikasi Finansialku pertama kali. Entah itu dari Google Play Store, media sosial, atau membaca salah satu artikel Finansialku.

Dengan menggunakan aplikasi Finansialku, kini mencatat pengeluaran dan pemasukan saya pun menjadi lebih mudah. Aplikasi ini juga memiliki tampilan yang sederhana dan mudah dipahami. Setelah sekian lama menggunakan aplikasi Finansialku, saya pun mencoba membeli paket premium untuk mencoba fitur-fitur lainnya seperti Anggaran, Rencana Keuangan, Investasi, dan Konsultasi Keuangan.

Nah, bagaimana saya merencanakan keuangan pribadi dengan menggunakan aplikasi Finansialku?

Menyusun Anggaran

Pada aplikasi Finansialku, terdapat fitur Anggaran yang membantu saya dalam menyusun perkiraan biaya untuk setiap jenis kebutuhan.

Di sinilah, saya mulai belajar mengalokasikan pemasukan saya, berapa biaya untuk kebutuhan pribadi, berapa untuk keluarga, berapa untuk kendaraan, berapa untuk pendidikan, dan lain-lain. Anggaran tersebut disusun untuk sebulan. Jadi, saya bisa track (melacak) ke mana saja uang saya dihabiskan.

Inilah sebenarnya hal yang paling dasar dalam merencanakan keuangan pribadi, yaitu menyusun anggaran atau budgeting. Bukan hanya perusahaan/bisnis yang memiliki anggaran atau pemerintah yang memiliki APBN, kita pribadi juga perlu memiliki anggaran agar kita tidak teledor dalam membelanjakan uang.

Ada berbagai kategori kebutuhan yang tersedia di aplikasi Finansialku seperti pajak, donasi, tabungan & investasi, belanja bulanan rumah tangga, kendaraan, makanan, liburan, dan lain-lain.

Yang perlu diperhatikan adalah tabungan & investasi ternyata juga dimasukkan ke dalam anggaran. Artinya, anggaran bukan hanya untuk menyusun daftar pengeluaran tetapi juga menentukan berapa persen dari pemasukan yang hendak ditabung. Tabungan bisa berupa tabungan bank, tabungan mata uang asing, dan tabungan emas.

Mencatat Pengeluaran dan Pemasukan

Setelah menyusun anggaran, saya baru mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan. Pada aplikasi Finansialku, pencatatan transaksi dilakukan di fitur Rekening. Ada 5 jenis rekening yang bisa dibuat yaitu akun dompet, akun bank, akun piutang, akun pinjaman, dan akun kartu kredit.

Yang saya pakai saat ini hanya 2 yaitu akun dompet dan akun piutang. Akun dompet digunakan untuk merekap pengeluaran dan pemasukan sedangkan akun piutang digunakan untuk mendata setiap piutang yang diberikan dan pelunasannya.

Tidak ribet untuk mencatat transaksi. Saya hanya perlu menginputkan jenis transaksi, jumlah transaksi, kategori transaksi, jenis rekening/akun, tanggal transaksi, dan keterangannya.

Membuat Rencana Keuangan

Pada aplikasi Finansialku, terdapat fitur Rencana Keuangan yang membantu saya untuk mewujudkan suatu keinginan.

Misalnya, keinginan membeli barang, keinginan berlibur, keinginan masuk asuransi, dan lain-lain. Tentu keinginan tersebut memerlukan dana. Nah, dengan fitur Rencana Keuangan, saya bisa mengetahui berapa nominal yang perlu saya investasikan per bulan untuk mewujudkan keinginan tersebut.

Contohnya, jika saya ingin membeli suatu barang, pertama saya memasukkan harga suatu barang, dana yang tersedia saat ini, durasi waktu untuk membeli barang tersebut, inflasi, dan estimasi hasil investasi. Setelah itu, aplikasi Finansialku akan memberitahu berapa biaya yang perlu diinvestasikan per bulan untuk membeli barang tersebut.

Membaca

Finansialku tidak hanya sekedar aplikasi tetapi juga berperan sebagai media edukasi keuangan. Ketika saya membuka finansialku.com, saya bisa mendapatkan ilmu-ilmu seputar dunia keuangan. Apa itu tujuan keuangan? Apa itu investasi reksa dana? Bagaimana memilih asuransi yang tepat? Semuanya ada di website Finansialku, termasuk informasi tentang dunia entrepreneurship.

Tidak hanya website Finansialku yang penuh dengan ilmu, media sosial dan channel Youtube-nya juga kaya akan konten-konten edukasi keuangan yang bermanfaat.

Jadi, dengan membaca lebih banyak informasi tentang perencanaan keuangan, kita pun bisa menjadi lebih mahir dalam mengatur keuangan kita sehari-hari.



Itulah 4 cara saya dalam merencanakan keuangan pribadi dengan menggunakan aplikasi Finansialku. Nah, apakah kamu tertarik untuk menggunakan aplikasi Finansialku? Langsung saja download aplikasinya di Google Play Store.

Baca Selanjutnya: 3 Alasan Mengapa Bisnis Zaman Sekarang Harus Punya Website


Sumber:
- Pengalaman pribadi
- https://www.finansialku.com/menghitung-dana-membeli-barang/
- Gambar: pixabay.com

3 Comments

  1. Saya membawa kabar baik kepada Anda semua warga negara Indonesia di platform ini, Tuhan telah sepenuhnya setia kepada saya dan seluruh rumah saya telah bertahan sejak Mei 2019, kesaksian saya dan kabar baik saya berjalan seperti ini, Nama saya Kartin Kiba dari Jl.P .Biak 9 No. 230 Rt.007 Rw.018 Desa Arenjaya, Jakarta Timur Kota Bekasi, Jawa Barat, saya adalah seorang pemasar di perusahaan tempat saya bekerja, Suami saya dan saya ingin menggunakan platform ini untuk menginformasikan semua ini. Platform ini membutuhkan dan mencari pinjaman yang tulus untuk berhati-hati karena internet dan blog penuh dengan perusahaan pinjaman palsu dan penipuan yang hanya ada di sini untuk merobek uang hasil jerih payah Anda.

    Suami saya dan saya memiliki hutang besar dan kami memutuskan untuk mencari pinjaman online untuk melunasi hutang kami dan kami menghubungi perusahaan pinjaman dari Singapura yang pada bulan Desember 2018, dan kami ditipu oleh pemilik perusahaan dengan meminta kami untuk membayar banyak biaya yang kami bayarkan dan pada akhirnya kami tidak mendapatkan pinjaman, kami kehilangan sekitar Rp7.500.000 untuk perusahaan pinjaman palsu di Singapura karena kami mengajukan pinjaman sebesar Rp450.000.000,00 dan dengan semua biaya yang kami bayarkan kami lakukan tidak mendapatkan pinjaman dan suami saya dan saya sangat Frustrasi dan saya dipecat dari pekerjaan saya di perusahaan tempat saya bekerja karena saya juga mengambil pinjaman dari perusahaan tempat saya bekerja dan kami bangkrut dan muak dengan kehidupan.
    Jadi Tuhan itu baik, kami berdoa dan Tuhan mengarahkan kami ke seorang pelayan dan pada hari yang setia ini 20 Mei 2019, saya menjelajah internet ketika saya bisa menemukan kesaksian seorang wanita Indonesia dengan nama Yohanes Hendra Who dari Kota Bandung, bagaimana Tuhan mengubah kehidupan keuangannya melalui perusahaan pinjaman. Dia meminta saya untuk menghubungi ibu Helen dan dia memperkenalkan saya kepada ibu Helen dan dia memberi saya keberanian dan saya mengajukan pinjaman dari ibu dan ibu Helen akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman. di perusahaan dan saya mendapat jumlah persis yang saya ajukan dan saya sangat senang.

    Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberi tahu rekan-rekan saya bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman asli yang asli dan ingin mendapatkan pinjaman cepat dengan tingkat bunga 2%, cukup mendaftar melalui Ny. Helen Wilson melalui email: (helenwilson719@gmail.com). Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini, (kartinkiba72@gmail.com). untuk informasi lebih lanjut.
    ALLAH memberkati kalian semua! Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN PINJAMAN YANG LUAR BIASA HARI INI?

    Kami telah memberikan pinjaman bisnis kepada lebih dari 15.000 pemilik bisnis seperti Anda. Kami menggunakan teknologi risiko kami sendiri yang ditunjuk untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat mengembangkan bisnis Anda. Layanan kami cepat dan dapat diandalkan, pinjaman disetujui dalam waktu 24 jam setelah aplikasi berhasil.

    Apakah Anda memerlukan pinjaman asli Online untuk mengamankan tagihan Anda? Mulai bisnis baru? Apakah Anda memerlukan pinjaman pribadi? atau Pinjaman bisnis, Ajukan pinjaman cepat dan mudah untuk memulai pembiayaan baru proyek Anda dengan tingkat bunga termurah 2%. Apakah Anda membutuhkan Pinjaman dalam jumlah berapapun? Apakah bank atau Perusahaan Pinjaman Bayaran menolak Aplikasi Pinjaman Anda karena Skor Kredit Anda Rendah atau Kurangnya Jaminan Keamanan? dan Anda membutuhkan Pinjaman Pribadi atau Bisnis yang mendesak untuk membiayai kembali bisnis Anda, membayar tagihan Anda, menyelesaikan masalah kredit macet Anda, membeli dan memiliki rumah sendiri? dll. HUBUNGI KAMI SEKARANG MELALUI EMAIL: (carmelapedro24@gmail.com)

    PINJAMAN TEXCO adalah platform pinjaman pertama yang memanfaatkan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin untuk menentukan harga kredit dan mengotomatiskan proses pinjaman. I Mrs Camila Michael telah menunjukkan kinerja kredit yang kuat dan mempertahankan salah satu peringkat konsumen tertinggi di industri ini menurut tinjauan konsumen terkemuka. Ajukan pinjaman jenis apa pun dan jumlah berapa pun pilihan Anda hari ini dengan menghubungi kami melalui email: (carmelapedro24@gmail.com)

    "Pinjaman Texco" percaya bahwa setiap orang berhak mendapatkan masa depan finansial yang lebih baik jika mereka mengusahakannya. Kami telah membangun pasar dan bersedia membantu orang yang kurang mampu mendapatkan pinjaman yang mereka butuhkan untuk bangkit kembali dengan tingkat bunga yang terjangkau 2%.

    Kami menawarkan semua jenis pinjaman, Kami bersertifikat dan privasi Anda 100% aman bersama kami. Jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda.

    CATATAN: Ingatlah bahwa hanya perlu 24 jam untuk memproses file Anda dan 100% Dijamin, apa pun Skor Kredit Anda.

    Dengan hormat,
    Nyonya Carmela Pedro
    PINJAMAN TEXCO LTD
    Email: (carmelapedro24@gmail.com)
    Nomor WhatsApp: +1 585-326-2165
    Nomor Viber: +1 585-326-2165
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  3. Kami membutuhkan sertifikat penjamin untuk mendokumentasikan Pinjaman Anda sebagai jaminan untuk pinjaman tanpa jaminan.

    Biaya untuk sertifikat jaminan hanya Rp980.000 dan akan dibayarkan ke kantor cabang kami di Nigeria yang bertanggung jawab atas wilayah Asia dan Afrika melalui western union dan mengirimkan tanda terima untuk verifikasi segera dan penerbitan sertifikat jaminan dan transfer atau pinjaman.

    Jadi kembalilah kepada kami cara melakukan pembayaran.

    ReplyDelete