Aman Konsumsi Makanan dengan Cek KLIK Sebelum Berbelanja

Aman Konsumsi Makanan dengan Cek KLIK Sebelum Berbelanja

Ini dia Alvian, seorang pemuda 18 tahun yang merantau dari daerah pelosok ke ibukota untuk menuntut ilmu di perguruan tinggi. Saat tinggal di ibukota, tentu ada banyak tantangan yang harus dihadapi oleh Alvian. Sebut saja, beradaptasi dengan lingkungan baru, menjalani dunia perkuliahan yang terkesan asing, berinteraksi dengan orang di sekitar, dan yang terpenting adalah hidup mandiri.

Karena Alvian jauh dari keluarganya, ia pun harus tinggal di kos-kosan. Meskipun ia mendapatkan kiriman uang dari keluarganya untuk kebutuhan sehari-hari dan biaya sewa kos, tinggal di ibukota tidak semudah membayangkannya. Biaya hidup yang besar menuntut Alvian untuk pandai-pandai mengatur keuangannya agar pengeluarannya bisa sehemat mungkin.

Tentu makanan menjadi kebutuhan utama bagi setiap orang, termasuk Alvian. Karena ingin berhemat, Alvian pun lebih memilih masak sendiri di kos daripada makan di luar. Namun, itu pun belum cukup. Alvian perlu berhemat lagi dalam membeli bahan-bahan makanan untuk memasak di kos.

Tertanamnya mindset berhemat membuat Alvian melupakan kesehatannya. Alvian hanya terpatok pada harga makanan, memilih yang murah tanpa memperhatikan kualitas dari makanan tersebut. Makanan yang ia beli ternyata sudah tidak layak dikonsumsi (tanggal kadaluarsanya sudah lewat atau tidak ada izin edar). Merk-nya (brand) makanan tersebut juga tidak jelas kredibilitasnya.

Akibatnya, beberapa hari setelah mengonsumsi makanan tersebut, masalah mulai muncul. Ketika sedang kuliah, Alvian sering sakit perut. Ketika bangun pagi, diare melanda sehingga Alvian harus absen dari perkuliahan. Setelah makan siang, Alvian muntah-muntah dan selera makannya pun menurun.

Apa yang bisa kita pelajari dari kejadian di atas? Kadang berhemat pun bisa membuat kita “boros”. Memang demi berhemat, kita membeli makanan yang murah. Tapi, tanpa memperhatikan kualitas makanan tersebut dan kesehatan kita, kita akan “boros”.

Apa yang dimaksud dengan “boros”? Ketika kita jatuh sakit, pengeluaran kita menjadi lebih banyak seperti biaya pemeriksaan dokter dan obat-obatan yang harus dibeli. Tujuan kita yang awalnya untuk berhemat malah membuat kita harus mengeluarkan banyak uang untuk kesehatan gegara keteledoran kita dalam membeli makanan.

Oleh karena itu, bijaklah dalam membeli makanan, jangan hanya terpaku pada harganya yang murah. Harga yang murah tidak menjamin makanan tersebut aman dikonsumsi. Ini bukan berarti makanan yang harganya murah selalu tidak aman dikonsumsi, tetapi pengecekan kualitas makanan harus sering dilakukan.

Jadi, mulai dari sekarang, ketika sedang berbelanja, terapkan tips aman konsumsi makanan dengan Cek KLIK berikut ini.

Tips Aman Konsumsi Makanan dengan Cek KLIK


Cek KEMASAN

Cek Kemasan Makanan Sebelum Membelinya
Tips aman konsumsi makanan yang pertama adalah kemasan. Pastikan makanan yang dibeli, terutama makanan kemasan, memiliki kemasan yang bagus. Jika kemasan sudah usang, berdebu, atau robek, jangan dibeli. Bisa jadi, makanan tersebut sudah lama atau bisa jadi digerogoti oleh tikus.

Cek LABEL

Sebelum membayar ke kasir, cek terlebih dahulu informasi (label) yang ada pada makanan yang ingin dibeli. Cek nama produk, perusahaan produksi, komposisi, informasi lain seperti anjuran penyimpanan, dan lain-lain.

Pastikan label-label tersebut tercantum di kemasan makanan. Selidiki juga potensi produk makanan yang palsu. Misalnya, ada merk makanan terkenal tetapi yang memproduksi bukan perusahaan asli, malah perusahaan abal-abal. Hal itu perlu diwaspadai, jadi usahakan untuk browsing di internet terlebih dahulu.

Cek IZIN EDAR

Makanan yang memilik izin edar sudah mendapatkan persetujuan dari BPOM (Badang Pengawas Obat dan Makanan). Bagaimana cara mengetahui izin edarnya? Jawabannya adalah melalui nomor registrasi yang tertera pada kemasan.

Untuk mengecek izin edarnya, silahkan buka cekbpom.pom.go.id dan masukkan nomor registrasi ke kolom yang tersedia. Selain nomor registrasi, kita juga bisa cek berdasarkan jenis produk, merk, jumlah & kemasan, bentuk sediaan, komposisi, nama pendaftar (perusahaan), dan NPWP pendaftar.

Cek KADALUARSA

Tips aman konsumsi makanan yang terakhir adalah tanggal kadaluarsa. Hal ini sering dilupakan oleh konsumen. Tanpa mengecek kemasannya terlebih dahulu, konsumen langsung mengambil makanannya dan meletakannya di keranjang belanja.

Cek terlebih dahulu tanggal kadaluarsa-nya. Jika tanggalnya sudah melewati tanggal hari ini, jangan dibeli. Mengonsumsi makanan yang sudah kadaluarsa bisa mengakibatkan beberapa dampak buruk seperti sakit perut, diare, pusing-pusing, muntah-muntah, bahkan demam.

Itulah 4 kriteria kualitas makanan yang harus kita perhatikan sebelum berbelanja. Jadi, selalu ingat Cek KLIK sebagai tips aman konsumsi makanan.

Ingat, kesehatan adalah aset terpenting, bukan uang, mobil, dan rumah.

#BelanjaAman #AyoCekKLIK

0 Comments