Penting! Cara Backup Data Smartphone dengan Mudah

Zaman sekarang, banyaknya data yang masuk ke smartphone kita, apakah itu foto hasil download dari Whatsapp, dokumen dari kantor, video broadcast dari teman, atau film drama korea, kehilangan data sangat berpotensi terjadi. Backup data smartphone secara rutin HARUS dilakukan.

Berdasarkan hasil studi Western Digital mengenai kebiasaan pengelolaan data selular orang Indonesia, dari 1120 responden di 6 kota, ternyata ada 67% responden pernah mengalami kehilangan data smartphone. Penyebabnya bermacam-macam, seperti tidak sengaja menghapus data penting, smartphone terkena virus, hingga terjadinya kegagalan sistem pada smartphone.

Saya sendiri pernah kehilangan banyak data akibat kegagalan sistem pada smartphone saya. Suatu ketika, smartphone saya tiba-tiba tidak bisa masuk ke sistem, hanya stuck di logo dan restart terus menerus alias bootloop. Semua data yang tersimpan pun lenyap begitu saja karena saya terpaksa harus melakukan factory reset.

Bootloop
Bootloop | Foto: jalantikus.com

Sebelum masalah itu terjadi, saya memang suka menumpuk data hingga segunung. Saya baru melakukan backup data smartphone saya ketika sisa space memori tinggal sedikit.

Setelah musibah bootloop itu terjadi, saya baru menyadari pentingnya untuk melakukan backup data pada smartphone saya secara rutin. Ya, secara rutin, tidak peduli sisa space memori masih banyak atau tidak. Artinya, backup data harus dijadikan sebagai agenda rutin, misalnya seminggu sekali, sebulan 2 kali, dan sebagainya.

Namun, mem-backup data membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan cukup repot. Saya harus membawa dan membuka laptop terlebih dahulu lalu menyambungkan smartphone ke laptop dengan kabel USB. Belum lagi, kadang kabel USB-nya tidak ke-detect karena rusak.

Saya pernah berlibur ke suatu tempat dan mengambil foto pemandangan yang banyak. Memori smartphone saya pun kepenuhan, ditambah lagi saya tidak sedang membawa laptop pada saat itu. Melihat kondisi seperti itu, bagaimana cara mem-backup data smartphone saya? Tidak ada cara lain selain harus menahan keinginan untuk mengambil foto pemandangan yang indah.

Nah, pertanyaan selanjutnyanya adalah bagaimana cara backup data smartphone yang mudah? Saat ini, masalah di atas sudah terselesaikan dengan adanya USB OTG SanDisk, suatu perangkat penyimpanan praktis dan ringan dibawa ke mana-mana.
USB OTG SanDisk - Ultra Dual Drive m3.0
USB OTG SanDisk - Ultra Dual Drive m3.0 | sandisk.com

Apa yang membuat USB OTG SanDisk sebagai solusi cara backup data smartphone yang mudah dan efisien?

Backup Data Tidak Perlu Kabel USB Lagi

USB OTG (On-The-Go) SanDisk merupakan perangkat Flash Drive yang dapat membantu orang mem-backup data smartphone mereka tanpa embel-embel kabel lagi. Flash Drive ini jelas berbeda dengan kebanyakan Flash Drive lainnya yang hanya bisa dibaca oleh perangkat PC.

USB OTG SanDisk juga bisa dihubungkan ke dan dibaca oleh smartphone. Jadi, jika kamu ingin memindahkan data lama smartphone kamu ke laptop, kamu tidak perlu membawa laptop ke mana-mana lagi. Cukup hubungkan USB OTG SanDisk ke smartphone dan pindahkan datanya, di mana pun dan kapan pun.

Nah, setelah kamu membuka laptop, barulah hubungkan Flash Drive tersebut ke laptop kamu untuk memindahkan datanya ke laptop kamu. Kamu tidak perlu lagi berurusan dengan kabel USB yang memusingkan.

Kabel USB
Sangat praktis kan? Itulah cara backup data smartphone yang mudah.

Super Ringan

USB OTG SanDisk sangatlah ringan untuk dibawa ke mana-mana. Cukup masukkan perangkat tersebut ke kantong saku dan kamu sudah selalu siap untuk mem-backup data pada saat kondisi mendadak.

Melancarkan Aktivitas

Kamu sedang liburan di negeri yang sangat jauh? Tidak mau kelewatan kesempatan untuk memotret foto-foto landscape yang bagus kan? Apalagi kelewatan untuk posting di Instagram.

Salah satu masalah yang sering terjadi saat liburan adalah foto-foto pemandangan yang diambil terlalu banyak dan memenuhi storage smartphone kamu. Jika storage sudah penuh, maka otomatis kamu sudah tidak bisa mengambil foto lagi.

Pada saat seperti itu, USB OTG SanDisk akan menjadi solusi buat kamu. Hubungkan saja perangkatnya ke smartphone kamu dan pindahkan foto-foto yang ada di smartphone ke perangkat tersebut. Dengan begitu, kamu sudah bisa meneruskan petualangan potret kamu dengan lancar.

Jadi, ketika ingin liburan, pastikan perangkat USB OTG SanDisk ada di kantong saku kamu ya!

USB OTG SanDisk dapat memperlancar aktivitas pemotretan kamu

Proses Pengiriman File Lebih Cepat

USB OTG SanDisk memiliki standar konektor USB 3.0 yang akan mempercepat proses pengiriman data, baik dari smartphone ke perangkat tersebut maupun dari perangkat tersebut ke laptop/PC. Bahkan, kecepatan pengirimannya bisa mencapai hingga 150 MB/s. Wow!!

Tentu kecepatan tersebut lebih tinggi daripada kecepatan pengiriman file dengan menggunakan kabel USB atau Bluetooth.

Jadi, kamu tidak perlu menunggu waktu yang lama lagi untuk mengirim file yang berukuran besar seperti video. Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir karena konektor USB 3.0 tetap bisa digunakan dengan port USB 2.0 di smartphone/laptop kamu.

Kapasitas Super Besar

Flash Drive USB OTD SanDisk memiliki kapasitas yang besar untuk menyimpan banyak foto, dokumen, musik, video, dan file lainnya. Flash Drive ini memiliki variasi kapasitas penyimpanan, mulai dari 16 GB, 32 GB, 64 GB, 128 GB, hingga 256 GB.

Sangat besar kan kapasitasnya? Mana yang akan kamu pilih? Sesuaikanlah dengan kebutuhan kamu sendiri.


Itulah 5 keunggulan dari USB OTG SanDisk yang paling saya kagumi. Sekarang, cara backup data smartphone menjadi lebih mudah.

Ingin Membeli USB OTG SanDisk? Langsung saja klik link berikut ini ya: Saya Mau Beli USB OTG SanDisk.

Nah, supaya cocok dengan smartphone kamu, ternyata ada 3 jenis USB OTG SanDisk yang bisa dipilih. Pertama, SanDisk Ultra Dual Drive m3.0 yang umum digunakan untuk kebanyakan smartphone. Kedua, SanDisk Ultra Dual Drive USB Type-C untuk smartphone yang memiliki port USB Type-C. Ketiga, SanDisk iXpand Mini Flash Drive buat kamu yang menggunakan iPhone. #SanDiskAPAC



Sudah tidak zaman lagi membawa kabel USB ke mana-mana, sekarang semuanya serba praktis. Memasukkan USB OTG SanDisk ke dalam kantong saku, akan membuat data kamu selalu aman dan aktivitas lancar. Kamu ga mau kan, gara-gara memori penuh, harus kehilangan banyak data? #DibuangSayang

1 Comments

  1. Wah kudu punya nih. Secara blogger itu pasti harus motret dan berulang-ulang sampai hasilnya bagus. Gak kerasa udah gak muat aja gara-gara memorinya cuma sedikit. Dan itu sering banget saya alami.

    ReplyDelete