Mahasiswa Harus Jalan Bersama

Instagram @billyhalim25

Ada saatnya dalam hidup ini dimana kita akan menikmati kehidupan kampus. Memang tidak semua orang dapat menikmati kehidupan kampus. Setelah menuntaskan pendidikan di jenjang SMA, langkah selanjutnya yang hendak ditempuh memang sulit ditentukan. Ada 2 arah setelah tamat SMA. Arah yang pertama itu kerja dan arah yang kedua itu kuliah. Atau mungkin kuliah sambil kerja? Tapi, di tulisan ini, saya ga akan bahas tentang itu. Untuk masalah itu, kalian bisa membaca artikel ini.

Yang akan saya bahas disini adalah ketika kalian sudah memutuskan untuk mengambil arah "kuliah". Artinya, kalian ingin menempuh dunia perkuliahan dan menjadi mahasiswa. Menjadi mahasiswa artinya memiliki kehidupan yang baru yaitu kehidupan kampus. Kenapa kehidupan yang baru? Karena menjadi mahasiswa dan siswa SMA sangatlah berbeda. Kalau ga percaya, coba jalani dulu perkuliahannya. Manfaatkanlah masa-masa itu sebaik-baiknya. Banyak yang akan kalian pelajari, baik dari positifnya maupun negatifnya.

Hal yang paling penting untuk diingat saat menjadi mahasiswa adalah perjalanan yang harus ditempuh sangatlah panjang. Bukan hanya panjang, sepanjang perjalanan juga banyak "batu-batu" yang harus kita lewati. Untuk melewatinya juga tidak gampang. Tetapi, semuanya akan lebih mudah jika kalian jalan bersama. Jalan bersama artinya kalian harus terjun dalam pergaulan (yang sehat), organisasi, dan kegiatan-kegiatan kampus. Itulah cara menikmati kehidupan kampus. Supaya hidup kita sebagai mahasiswa tidak monoton.

Jadi, jangan jalan sendiri-sendiri ya. Jangan suka menyendiri atau anti-sosial. Orang yang berjalan sendiri mungkin awalnya terasa mulus. Tapi ketika menghadapi tantangan ke depan, misalnya berkarir, kita akan merasa sulit beradaptasi dengan lingkungan dan pergaulannya. "Batu-batu" di sepanjang perjalanan terasa sulit dilewati. Itulah dampak ketika kalian memilih untuk jalan sendiri-sendiri. Jangan jadi mahasiswa yang apatis atau tidak peduli dengan kehidupan kampus.

Mahasiswa itu bukan hanya sekedar kuliah, tapi juga mengembangkan diri kita dengan berorganisasi. Tantangan ke depan sangat banyak yang harus dihadapi. Untuk menghadapinya, kita harus jalan bersama. Jalan bersama memberi bekal yang akan mengantar kita ke jenjang karir dengan mulus. Jadi, pesan terakhir saya adalah jangan jalan sendiri-sendiri tapi jalan bersama.

2 Comments

  1. sangat bermanfaat gan, tetap semangat dalam menjaga kebersamaan dan kasih terhadap sesama

    ReplyDelete