3 Alasan Mengapa Bisnis Harus Punya Domain

3 Alasan Mengapa Bisnis Harus Punya Domain

Bagi kamu yang memiliki bisnis, apakah kamu sudah memasarkan produk bisnismu secara online? Jika sudah, apakah kamu sudah memiliki domain? Kalau belum, perlu kamu ketahui bahwa di era digital seperti sekarang, domain sangatlah penting untuk bisnis apapun.

Mengapa demikian? Nah, sebelum membahas hal tersebut, ada 3 hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu.

Pertama, website. Kedua, domain itu sendiri dan ketiga, hosting.

Apa itu website? Bagi kamu yang belum tahu, website adalah kumpulan halaman informasi yang diakses melalui internet dengan menggunakan alat yang bernama peramban (browser). Contohnya, artikel yang kamu baca sekarang adalah salah satu halaman dari website saya.

Lanjut ke domain. Singkatnya, domain adalah alamat dari sebuah website. Contohnya, google.com, tokopedia.com, dan billyhalim25.blogspot.com. Jika kamu ingin berbelanja di Tokopedia melalui website-nya, maka kamu harus memasukkan alamat tokopedia.com ke peramban (browser) terlebih dahulu.

Kemudian, apa itu hosting? Hosting adalah tempat untuk menyimpan halaman-halaman website, termasuk aset-aset seperti gambar, video, dan berkas-berkas lainnya yang diperlukan oleh website.

Supaya bisa dipahami dengan mudah, website, hosting, dan domain bisa dibaratkan sebagai sebuah rumah (website) yang didirikan di atas suatu lahan (hosting) dan memiliki alamat (domain). Website adalah rumahnya, lahan/tanah adalah hostingnya, sedangkan domain adalah alamatnya. Jadi, ketiga istilah ini tentu saling berhubungan.

Di zaman sekarang yang sudah serba digital, bisnis pun dituntut untuk melakukan ekspansi ke pemasaran online untuk menjangkau lebih banyak pembeli (customer). Salah satu media pemasaran online yang banyak digunakan adalah media sosial seperti Instagram atau Facebook.

Namun, selain media sosial, sebenarnya website juga penting untuk memasarkan produk bisnis secara online. Mengapa demikian? Bagi kamu yang ingin tahu alasannya, silahkan baca artikel berikut ini: 3 Alasan Mengapa Bisnis Zaman Sekarang Harus Punya Website.

Nah, pada artikel ini, saya hanya akan membahas tentang domain. Mengapa bisnis harus punya domain? Mengapa doman sangat penting untuk sebuah bisnis? Baiklah, tanpa basa-basi lagi, langsung saja simak di bawah ini.

Membangun Eksistensi Online

Orang akan mencari nama domain bisnis kamu di internet
Domain adalah senjata awal yang perlu kamu miliki untuk membangun keberadaan bisnis kamu di internet. Supaya orang bisa masuk ke website bisnis kamu, mereka perlu mengetahui domain kamu terlebih dahulu, lalu mengetikkannya di peramban (browser) mereka. Jadi, domain adalah gerbang masuk customer ke website kamu.

Selain itu, orang juga akan mencari nama bisnis kamu di mesin pencari seperti Google. Misalnya, kamu memiliki bisnis kuliner yang namanya, sebut saja, “Ayam Penyet Maknyus Medan”.

Saya sebagai calon customer melihat nama tersebut di suatu tempat, misalnya di brosur atau spanduk di jalanan. Saya pun mencari “Ayam Penyet Maknyus Medan” di Google untuk mencari tahu lebih tentang bisnis kuliner tersebut. Kalau kamu sudah punya domain, tentu website bisnis kamu akan muncul di mesin pencari.

Jadi, ini adalah alasan pertama mengapa domain itu penting untuk bisnis, terutama yang ingin gencar melakukan pemasaran online.

Domain itu Merk Bisnis

Di era serba online ini, domain sudah termasuk ke dalam merk atau brand, tidak hanya nama bisnis, slogan, logo, desain packaging, gambar, video, dan lain-lain.

Mengapa? Seperti yang sudah saya bilang di atas, domain adalah gerbang masuk customer ke website kamu. Domain adalah nama yang akan diingat oleh customer atau calon customer kamu ketika mereka ingin mencari informasi tentang bisnis kamu. Domain adalah “cermin” dari nama bisnis kamu.

Ada satu hal yang perlu kamu ingat, yaitu domain itu “langka”. Langka di sini artinya domain bisa diambil/dibeli oleh siapapun, termasuk domain yang berisi nama bisnis kamu.

Misalnya, kamu memiliki bisnis jualan sepatu gunung bernama “Sepatu Gunung Store” dan ingin memiliki website dengan domain sepatugunungstore.com. Kamu sudah memiliki slogan, logo, kartu nama, desain packaging yang bagus, bahkan iklan di Youtube. Namun, ketika ingin membeli domain tersebut, ternyata nama domain sepatugunungstore.com sudah dimiliki oleh orang lain.

Domain adalah merk bisnis
Mau tidak mau, kamu pun membeli nama domain yang tidak sesuai dengan nama bisnis kamu. Apa konsekuensinya? Customer akan bingung karena nama bisnis dengan nama domain kamu sudah tidak sinkron.

Jadi, siapapun yang berencana untuk membuka sebuah bisnis, setelah menentukan nama bisnisnya, alangkah baiknya untuk membeli domain bisnis tersebut supaya tidak keburu dibeli oleh orang lain.

Jika seandainya domain bisnis yang kamu inginkan sudah tidak tersedia, kamu perlu pertimbangkan untuk mengubah nama bisnis kamu. Ini lebih baik daripada kamu sudah capek-capek menyiapkan branding seperti logo, slogan, packaging tetapi domain yang diinginkan sudah diambil oleh orang lain.

Untuk membeli domain, harganya sangat murah, plus ditagih per tahun, bukan per bulan. Kamu bisa membeli Domain murah dengan harga hanya Rp 125.000 per tahun untuk domain .com. Sangat murah kan?

Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Domain bisa membuat bisnis kamu menjadi pembeda di antara kompetitor-kompetitor kamu. Dengan memiliki domain dan website, calon customer memiliki kepercayaan yang lebih tinggi daripada kompetitor kamu yang tidak memiliki domain. Jadi, tidak ada salahnya untuk menyisihkan anggaran untuk membeli domain bisnis dan membuat website.

Karena domain berhubungan dengan kredibilitas bisnis, pemilihan nama domain juga penting. Sangat disarankan kamu membeli domain yang ber-akhiran .com, .net, .id, .org, dan masih banyak lagi. Jangan memakai domain yang memiliki akhiran tambahan seperti .blogspot.com atau .wordpress.com karena terkesan tidak professional.

Silahkan lihat daftar domain di link berikut ini.

Selain itu, pastikan domain yang kamu tentukan adalah domain yang rapi (tidak typo), mudah dieja, dan mudah diingat orang lain.



Itulah 3 alasan kuat mengapa sebuah bisnis harus punya domain. Dari 3 alasan di atas, poin ke-2 adalah yang paling penting, Domain itu Merk Bisnis. Merk (brand) adalah roh dari bisnis apapun. Karena merk itu penting, maka domain juga penting.

Nah, bagi kamu yang ingin membuat website, domain saja tidak cukup. Seperti yang sudah disampaikan di atas, domain, website, dan hosting adalah 3 hal yang tidak terpisahkan.

Setelah membeli domain, hosting adalah hal yang selanjutnya kamu perlukan. Hosting diibaratkan sebagai tanah/lahan tempat website kamu akan berdiri. Harga hosting sangat bervariasi. Sama seperti rumah, semakin luas sebuah rumah, tentunya harga semakin mahal. Begitu juga dengan hosting, semakin banyak fiturnya, harganya pun akan semakin mahal.

Tentunya kamu ingin membeli hosting yang murah dan banyak fiturnya kan? Kamu tidak perlu bingung lagi, karena sudah ada Hosting murah yang disediakan oleh Rumahweb sebagai penyedia Hosting Indonesia yang terpercaya. Bahkan, menariknya lagi, Rumahweb juga menyediakan Hosting Unlimited yang membuat kamu bebas menyimpan berkas-berkas (file) dari website bisnis kamu.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera Go Online dengan bisnis kamu!

0 Comments